Duduk dengan Senyap

~nggak ada yang bisa ngalahin suara deru mesin, angin yang berhembus, klakson, mesin lagi, angin, klakson~
.
Pengguna spotify non premium pasti akrab dengan iklan di atas. Walaupun menjengkelkan, perlu diakui bahwa penulisnya cukup mindful ya.
Tidak mudah lho untuk sekedar mendengar suara angin, karena isi kepala cenderung ke sana kemari atau sibuk terisi bagaimana cara mencari distraksi. Iya nggak? 🙂
.
Secara tidak langsung, si iklan sebenarnya mau memberikan sugesti bahwa kesunyian itu menjemukan.
Bertolak belakang dengan pemikiran tersebut, pada tahun 1952 seorang komposer eksperimental bernama John Cage justru membuat komposisi musik dimana seluruh pemainnya tidak melantunkan nada apapun. Suara apa saja yang muncul selama pertunjukan malahan menjadi komponen utama dari komposisi itu.
.
Karya yang berjudul 4’33” ini dikenal sebagai karya John Cage yang paling penting dan fenomenal, karena dianggap memunculkan gagasan baru bahwa musik dapat tercipta dari suara apa saja.
Bagi saya gubahan tersebut sangat menarik, terlebih karena ia memaksa kita penontonnya untuk duduk diam bersama sunyi yang sering kita hindari, sehingga akhirnya kita sadar bahwa dalam sepi ada keramaian tersendiri.
.
Hal serupa bisa ditemukan pada film A Quiet Place. Selain alur cerita dan eksekusinya yang apik, poin horor utama terletak pada bagaimana film garapan John Krasinski ini mengkondisikan kita untuk terpaksa bercengkerama dengan sunyi yang berjalan sangat lambat dan asing.
Secara tidak langsung, sang sutradara sukses membuat kita ketakutan bukan karena suara yang ia ciptakan, melainkan karena ketiadaan suara yang membuat kita tidak nyaman.
.
Jadi mungkin penting ya untuk menambahkan porsi senyap dalam komposisi satu hari.
Siapa tahu selain bisa menyadari suara deru mesin, angin yang berhembus, dan klakson, kita lebih bisa menyadari suara hati, tanpa perlu merasa asing dan tidak nyaman lagi.
.
Sudahkah kamu duduk dengan senyapmu hari ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s