Category Archives: Cerita

Donor Darah Keempat

Kata Gugelberg yang sudah lebih sering donor, biasanya saat bulan puasa stock darah di PMI berkurang, ditambah lagi ini sedang PSBB. Dari kemarin, sering beredar info dari PMI yang mengajak masyarakat tetap donor darah, tidak perlu takut karena protokol pengambilan darah yang dilakukan di PMI dibuat seaman mungkin untuk semua.

Hari ini akhirnya saya bisa donor lagi setelah masa tunggu dari donor sebelumnya. Dari luar, PMI kelihatan ramai karena ada tenda (biasanya tidak ada) yang ternyata digunakan sebagai ruang tunggu untuk keluarga pasien yang butuh darah. Di meja pengambilan formulir, petugas menanyakan apa saya bersedia menjadi donor untuk seorang pasien, sambil menunjukkan selembar kertas bertuliskan nama.

Biasanya saya donor saja tanpa tahu darah saya untuk siapa, ya sebagai stock PMI saja. Kali ini sudah ada orang yang menunggu. Mungkin selesai donor, darah akan dibawa langsung ke RS pasien tersebut.

PMI Pusat lokasinya di Jalan Kramat Raya, buka 24 jam.

Warteg Lockdown

Overheard Warteg : Nek wis wayahe mati yo mati. Kuwi anak sekolah diliburke 2 minggu njuk meh ngopo?

Terjemahan : Kalau waktunya mati ya mati. Itu anak sekolah diliburin 2 minggu terus mau ngapain?

Terlepas dari ilmu pasrah tinggi, ketidakpedulian, atau ketidakmengertian, buat sebagian masyarakat Indonesia bayangan nggak bisa kerja (atau nggak bisa buka warteg) lalu nggak dapat uang – jika terjadi lockdown – jauh lebih mengerikan daripada bayangan kena Corona. #sudutpandanglain

Coral Umbrella and The Fog


He said, people don’t instinctively give attention to what happen above them for any reason, but those words give me an urge to looking up ever since. Apart from plenty of beautiful views up there, perhaps subconsciously I just want to retrace the memories or revive him every now and then.

Pemilu Legislatif 2019

Kemarin sempat mau coblos calon legislatif sesuai intuisi aja (cari yang namanya familiar atau mukanya kelihatan mengayomi). Duh

Ternyata ada apps Pemilu Legislatif (ada di apps store). Isinya list dan data seluruh calon legislatif, termasuk motivasi dan target sasaran (penting untuk disimak karena ini yang membedakan satu calon dengan calon lain).

Beberapa motivasi dan target sasaran calon legislatif (Jawa Tengah) yang menarik untuk dikutip :

  • mempertahankan dan meningkatkan perolehan suara partai X di dapil Y …
  • X (nama calon presiden) Presiden
  • umat agama X memperoleh kesempatan berkehidupan baik …
  • menjadi pengusaha yang sukses dilantik menjadi DPR-RI …
  • memenangkan partai X di ajang apapun …
  • membumikan politik agama X
  • mengabdikan diri untuk partai …
  • mengikuti perintah partai
  • memenuhi kuota caleg perempuan
  • membantu membesarkan partai X
  • partai X bisa memperoleh suara sebanyak mungkin dan memenangkan pemilu …
  • hancurkan partai sebelah

Selera Humor Tuhan

Ada banyak hal dalam hidup yang tidak bisa kita kontrol. Namun di situlah menariknya hidup. Di titik kita tahu apapun yang kita lakukan tidak akan berpengaruh banyak. Di titik akhirnya kita berdamai dengan semua keinginan dan menerima dengan rela. Di titik itulah hidup akan terasa lucunya.
Sungguh tragedi atau komedi hanya perkara sudut pandang. Dan di hari yang sulit, jangan-jangan tuhan hanya sedang bercanda dan menguji selera humor kita.
.
Saya menulis paragraf itu pada 17 Agustus 2015, di Bandara Hanandjoeddin, sebelum pulang, setelah melakukan perjalanan dengan beberapa teman.
.
Apa yang terjadi sebelumnya?
.
H-2
Kamera saya “tercelup” ke laut Belitung yang lengket dan pekat, menyebabkannya tewas seketika, meninggalkan saya dengan kamera ponsel 3 MP yang mau tidak mau, harus bisa diandalkan.
.
H-1
Niat hati ingin difoto di Danau Kaolin, tapi OOTD sepertinya tidak tercipta untuk semua orang.
Alih-alih foto cantik, kaki saya “tercelup” ke tanah lembek di sekitar danau. Nggak tanggung-tanggung, sampai selutut dong. Dan berhubung tanahnya lembek macam pasir hisap, bayangkan saja bagaimana cara keluarnya.
.
Hari H
Sengaja beli tiket pulang terpisah dari rombongan, penerbangan saya adalah connecting flight TJQ-CGK dilanjutkan CGK-DPS.
.
Setelah runtutan kesialan di atas, saya tidak terlalu kaget ketika dapat info penerbangan TJQ-CGK ditunda.
Tidak kaget sih tapi mulai panik, bercampur dengan capek, kecewa, dan marah.
.
Tapi alam semesta memang punya selera humor tingkat tinggi. Tak lama kemudian sms masuk ke ponsel saya.
Jam keberangkatan penerbangan CGK-DPS dimajukan.
.
Berhubung saya pakai 2 penerbangan beda maskapai, connecting flight tersebut tidak lagi cocok jamnya.
.
Membaca sms tersebut saya langsung tertawa. Bukan tertawa ironi atau tertawa sambil menangis, tapi tertawa sungguhan.
Saya tidak menemukan kata lain selain lucu, untuk sederetan peristiwa itu.
.
Ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam hidup, salah satunya adalah cara menertawakan hidup itu sendiri.
Hari itu, duduk sendiri di bandara, saya belajar satu ilmu penting, “Jangan terlalu serius, nanti cepat tua.”
.
Dan ajaibnya, ini bukan fiksi. Haha