Save Homo Sapiens

Bicara tentang bumi, tidak bisa lepas dari fakta bahwa usia bumi sudah sangat tua. 4.543 miliar tahun tepatnya!
Selama kurun waktu tersebut, bumi sudah mengalami 5 kali kepunahan massal. Salah satu yang paling terkenal adalah kepunahan dinosaurus.
.
Saat ini, bumi perlahan sedang mengalami proses kepunahan keenam, yang sering disebut Holocene Extinction. Periode ini dimulai sejak mulai menyebarnya spesies manusia ke berbagai benua, dimulai dari akhir Jaman Es dan punahnya si gajah raksasa Mammoth.
.
Proses kepunahan ini masih berlanjut hingga sekarang lho, dan penyebabnya tidak lain adalah manusia. 👏👏
.
Jika yang terjadi sekarang terus berlanjut, bukan tak mungkin serangga yang populasinya semakin sedikit akibat penggunaan pestisida benar-benar punah, penyerbukan tidak terjadi, buah-buahan perlahan tidak muncul, binatang kecil pemakan buah mulai menghilang, dan binatang besar pemangsa binatang kecil tidak bertahan.
.
Bicara mengenai laut, sangat bisa terjadi karbondioksida semakin banyak dihasilkan, bumi memanas, menyebabkan laut menjadi semakin asam, koral perlahan musnah, ikan kecil yang hidup dari koral kesulitan bertahan, dan ikan besar yang hidup dari ikan kecil ikut terseret arus kepunahan.
.
Saya percaya tanpa manusia dan semua makhluk yang hidup pada jaman ini, bumi akan tetap bertahan dan menemukan keseimbangannya. Sama seperti bagaimana ia beregenerasi setelah kepunahan-kepunahan sebelumnya.
.
Tapi siapa sih yang mau homo sapiens berakhir sama dengan stegosaurus stenops atau tyrannosaurus rex?
.
Karena itu, istilah “save earth” mungkin kurang tepat dan kurang mengundang ya. Mungkin kalau disebut “save homo sapiens”, hal ini akan terdengar lebih menarik atau terdengar lebih penting dan nyata, bukan fiksi semata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s