Thanos di Hastinapura

“Mbah, gimana ya kalau Thanos hidup di Hastinapura?”, si Tole menyeletuk saat kakeknya sedang menuang air panas perlahan dengan gerakan melingkar di atas Hario V60.
.
“Owalah, yo gampanglah le. Kalau Bharatayuddha di Kurukshetra melawan Kurawa yang sakti mandraguna itu perlu 18 hari. Paling Pandawa perlu 5 menit ae Thanos wis tamat, dibandem Rujakpala langsung modar”, jawab Simbah dengan yakin, aroma kopi yang berbaur dengan aroma buah dan rempah mulai menguar.
.
“Lhah kok nggak seru sih, Mbah?”, si Tole protes.
.
“Yo emang ngono le. Makanya Thanos perangnya sama Avenger, ndak sama Pandawa. Ya to?”, Simbah meletakkan teko air panasnya, menunggu Queen of Coffeenya blooming.
.
“Berarti lebih seru kalau kita perlu usaha keras yo, Mbah? Ndak langsung menang”. Tole melanjutkan.
.
“Iya, le. Pernah dengar omongan Mbah Tejo belum?”, tanya Simbah sambil menuangkan air panas kembali dengan cara yang sama, kali ini lebih banyak.
.
“Belum, Mbah. Kepiye?”, tanya si Tole penasaran.
.
“Dulu aku bangga jika doaku cepat terkabul. Aku merasa Tuhan sayang aku banget. Belakangan kurenung-renung pengamen kalau ndak enak dan nyebelin cepat dikasih duit, agar cepat nyingkir. Pengamen yang baik ditungguin sampai lagu selesai, kalau perlu imbuh lagu lagi.”, Simbah mengutip omongan Sudjiwo Tejo plek ketiplek setitik-komanya.
“Paham kamu, le?”, tanya Simbah sambil mengangkat drippernya.
.
“Paham, Mbah”, si Tole mengangguk. “Kalau gitu Tole mau cerita, Mbah. Hidup Tole lagi seru banget ini, Mbah.”
.
“Gimana memangnya, le?”, Simbah menimpali sembari menatap kopi buatannya yang coklat kehitaman, tak sabar ingin menyeruput.
.
“Tole nggak naik kelas, Mbah”, si Tole nyengir.
.
Pletak!
.
Simbah menjitak Tole dengan tangannya yang mengenakan Akik Bulu Macan. “Untung ini bukan akiknya Thanos, Le.. Tole…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s